Stuktur kulit

Pencegahan kulit ini dilakukan dengan menjaga agar kulit tetap kering dan tidak lembab. Bagian bawah epidermis menerima darah dengan difusi dari pembuluh darah dermis.

Ujung-ujung saraf, yaitu ujung saraf perasa dan peraba, saraf rasa nyeri, saraf rasa panas, dan saraf rasa sentuhan. Jika sel-sel lapisan saling berlepasan, maka seakan-akan selnya bertaju.

Sebum berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri, melumasi dan memproteksi keratin. Diduga dengan bertambahnya usia, kadar asam amino pembentuk kalogen pun berkurang sehingga kalogen yang terbentuk bermutu rendah, selain itu kalogen kehilangan kelembaban dan menjadi kering serta kaku.

Stratum papilare, yang merupakan bagian utama dari papila dermis, terdiri atas jaringan ikat longgar. Sebaliknya ketika suplai darah berkurang misalnya pada gagal jantung maka kulit akan berubah relatif pucat akibat penyempitan pembuluh kapiler.

Struktur Kulit

Calcitriol adalah hormon yang berperan dalam mengabsorpsi kalsium makanan dari traktus gastrointestinal ke dalam pembuluh darah. Fungsi Sensoris Kelenjar keringat, yang terdiri atas kelenjar keringat merokrin dan kelenjar keringat apokrin Kelenjar keringat merokrin, berupa kelenjar tubular sipleks bergelung dengan saluran bermuara di permukaan kulit.

Struktur Kulit – Pengertian, Anatomi, Gambar dan Fungsinya

Kemudian ada sel fagosit yang bertugas memfagositosis mikroba yang masuk melewati keratin dan sel Langerhans.

Selain itu pada fase inflamatorik juga terjadi penggumpalan darah untuk menyatukan daerah yang terpisah akibat cedera. Arteri yang terdapat membentuk dua plexus, satu di antara stratum papilare dan retikulare, satu lagi di antara dermis dan jaringan subkutis.

Setiap orang memiliki pigmen yang berbeda-beda sehingga ditemukan bermacam-macam warna kulit seperti warna putih, sawo matang, kuning langsat, dan hitam. Sehingga kulit pada penuaan akan menghasilkan gambaran celah yang disebut sebagai kerut.

Baik saraf bermielin maupun tidak bermielin ditemukan dalam kulit yang berisi organ akhir dan banyak serat saraf. Jaringan kuku berasal dari lapisan epidermis dan rambut yang membentuk lapisan keratin yang keras.

STRUKTUR & FUNGSI KULIT

Cabang-cabang plexus tersebut mendarahi papila dermis. Dengan demikian, sel-sel spinosum ini banyak terdapat di daerah yang berpotensi mengalami gesekan seperti telapak kaki. Ada dua jenis kelenjar keringat yaitu: Struktur Kulit Manusia A. Pada orang kulit pucat transfer melanosom hanya sebatas stratum spinosum, sedangkan pada orang berkulit gelap melanosom dapat dihantarkan hingga ke stratum granulosum.

Jaringan Ikat Longgar Lamina basalis yaitu struktur halus yang membatasi epidermis dengan dermis.

Kulit: Struktur, Fungsi, dan Gangguan pada Kulit Manusia

Jaringan ikat bawah kulit berfungsi sebagai bantalan atau penyangga benturan bagi organ-organ tubuh bagian dalam, membentuk kontur tubuh dan sebagai cadangan makanan.Kulit manusia tersusun atas dua lapisan, yaitu epidermis dan dermis. Epidermis dan dermis dapat terikat satu sama lain akibat adanya papilare dermis dan rabung epidermis.

Struktur Anatomi Dan Fungsi Kulit Manusia Pengertian Anatomi Kulit. Kulit tersusun atas tiga lapisan, yaitu lapisan kulit terluar biasa disebut lapisan ari atau epidermis, di bawah lapisan ari adalah lapisan jangat atau dermis, dan lapisan terdalam dari kulit adalah lapisan lemak atau hypodermis.

Oleh: dr. M Faiq Sulaifi Kuliah Ilmu Dasar Keperawatan Program S1 Ilmu Keperawatan STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN Struktur dan Fungsi Kulit. Ô Menerangkan struktur kulit manusia: a idermis a Dermis Ô Melabelkan kom onen2 yang membina struktur kulit.

Ô Menghuraikan fungsi-fungsi kulit: a ë a a. a a. m m. m.

Struktur Anatomi Dan Fungsi Kulit Manusia

Ô ^ menyela uti keseluruhan badan bersambungan dr d la isan membran yang mela isi orifis badan manusia.

Ô Mengawal struktur2 dibawahnya dr d kecederaan angkitan kuman. Kulit merupakan bahagian terbesar dan paling luar dari tubuh kita. Penampilan kitapun akan dinilai dari kecantikan kulit yang kita miliki, lebih-lebih lagi kulit wajah. Agar dapat merawat kulit wajah dengan baik, maka kita harus serba sedikit mengetahui struktur kulit.

Dengan mengenal lapisan kulit, maka kita akan mudah melakukan perawatan yang tepat untuk menjaga setiap lapisan kulit tersebut. Struktur Kulit Struktur Bagian Kulit – Kulit adalah lapisan jaringan yang terdapat di permukaan tubuh.

Pada permukaan kulit terdapat kelenjar keringat yang mengekskresi zat-zat sisa.

Stuktur kulit
Rated 0/5 based on 19 review