Strategi menteri lhk tentang diet kantong plastik

Banjarmasin pun melakukan hal serupa, minta tidak disediakan kantong plastik. Kantong plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian. Untuk keberlangsungan program ini, pemerintah juga harus terus masih mengampanyekan pengurangan kantong plastik, bukan saja di ritel, juga di pasar-pasar tradisional yang sebenarnya menjadi pengguna terbesar dari kantong plastik ini.

Disisi lain secara ekonomi mampu memberikan peluang bagi peredaran tas ramah lingkungan. Selain itii, kantong plastik yang biasa kita pakai sehari-hari ternyata mengandung zat karsinogen yang berbahaya karena berasal dari proses daur ulang yang diragukan kebersihannya. Selain itu 87,2 persen masyarakat menyatakan dukungannya dan 91,6 persen bersedia membawa kantong belanja sendiri dari rumah.

Terurai sangat lama Kantong plastik dan jenis plastik lainnya sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme. Zat pewarnanya juga bisa meresap ke dalam makanan yang dibunglcusnya dan menjadi racun.

Kebijakan kantong plastik berbayar sifatnya setengah pemaksaan melalui beban pembelian. Padahal ritel selama ini berkelit menerapkan kebijakan pengurangan penggunaan kantong plastik dengan menuntut adanya payung hukum atas kebijakan ini. Untuk membuatnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, sumber energi yang mulai langka dan sangat dibutuhkan manusia, serta 14 juta pohon ditebang.

Menteri LHK: Kepala Subdirektorat Barang dan Kemasan KLHK Ujang Solihin Sidik menyatakan, hal ini dilakukan mengingat permasalahan penentuan harga masih menjadi komponen yang diperdebatkan dalam rancangan peraturan Menteri LHK dengan pembatasan penggunaan kantong plastik.

Penjual yang minim mengeluarkan tas plastik dapat diberi penghargaan, misalnya keringanan pajak dan lainnya.

Tas ini dapat dikreasi berbahan kain bahkan dari per-ca-perca sisa limbah. UU Nomor 18 Tahun tentang Pengelolaan Sampah membutuhkan kebijakan operasional yang tegas dan efektif.

Mekanisme insentif-disinsentif dapat diterapkan kepada konsumen maupun penjual. Rencana Pelarangan Kantong Plastik, Peritel Setuju Dikurangi Tapi Jangan Dilarang Berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi KLHK, terjadi penurunan penggunaan kantong plastik sebesar persen selama masa uji coba tiga bulan pertama penerapan kantong belanja plastik sekali pakai tidak gratis.

Ayo dukung petisi terbaru kami! Sebut saja di Purwakarta, yang menghentikan sama sekali kantong plastik. Diet kantong plastik dapat dimulai dari individu, peritel hingga organisasi profit dan non-profit. Kantong plastik dibanderol dengan harga Rp. Namun Siti menekankan bahwa kebijakan ini seharusnya mendorong masyarakat agar membawa sendiri kantong belanja mereka dan tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai.

Indonesia merupakan negara kedua di dunia penghasil sampah plastik terbesar ke laut KLHK, Evaluasi dan pengawasan pemerintah juga diperlukan guna memperlancar penerapan serta minimalisasi kontra produktif.

Selain itu, kantong plastik yang digunakan sebagai wadah makanan berpotensi mengganggu kesehatan manusia. Plus Minus Kebijakan kantong plastik berbayar menuai pro dan kontra di publik. Berbahaya bagi manusia Kantong plastik yang dibakar bisa menyebabkan pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Kantong plastik benar berbayar, namun kembali didiskon hingga menjadi gratis kembali.

Data dari JambeckIndonesia menghasilkan sampah plastik yang dibuang ke laut ,2 juta ton, sedangkan Tiongkok yang mencapai ,9 juta ton.

Kantong Plastik

Sebesar 95 persen kantong plastik hanya menjadi sampah, sedangkan plastik sulit diurai oleh lingkungan. Konsumen yang sekian kali membeli tanpa kantong plastik misalnya diberikan tas ramah lingkungan gratis.

Diperkirakan total sampah Indonesia pada mencapai 68 juta ton. Saat ini, uji coba kantong plastik berbayar telah memasuki tahap kedua yang berlaku secara nasional sejak 6 Juni lalu dengan mekanisme harga diserahkan kepada pemerintah daerah yang berlaku hingga Peraturan Menteri LHK dikeluarkan.Siti mengatakan draf Peraturan Menteri (Permen) tentang Kantong Plastik Berbayar saat ini sedang didiskusikan kembali dan akan selesai secepatnya.

Pembahasan draf permen ini sendiri sudah berjalan selama lebih dari dua tahun. Namun Siti menekankan bahwa kebijakan ini seharusnya mendorong masyarakat agar membawa sendiri kantong belanja mereka dan tidak menggunakan kantong plastik.

Menteri LHK: Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Jangan Membebani Masyarakat

Diet kantong plastik dapat dimulai dari individu, peritel hingga organisasi profit dan non-profit. Ayo pilih hal yang bisa dilakukan!

Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Siap Diterapkan di Pasar Tradisional

Die für ein kostenloses Browserspiel ungewöhnliche Mühe und Detailliebe, die in Die. Melalui kedua benda tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan sedotan dan kantong plastik.

KLHK juga memberikan pengetahuan tentang Author: Tia Reisha. Kami mendorong agar KLHK segera menerbitkan Peraturan Menteri tentang pengurangan kantong belanja plastik sesuai dengan janji yang sudah disampaikan sejak tahun Karena, melalui peraturan tersebut, penggunaan kantong plastik dapat berkurang dan meminimalisir timbunan sampah kantong plastik yang mencemari lingkungan.

Jakarta (Greeners) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan pemberlakukan Peraturan Menteri LHK tentang pengaturan program pengurangan penggunaan kantong plastik melalui mekanisme plastik berbayar akan direalisasikan jika hasil evaluasi penerapan kantong plastik berbayar secara nasional telah dilakukan.

Strategi menteri lhk tentang diet kantong plastik
Rated 5/5 based on 55 review