Proses pembentukan lemak

Kilomikron membawa lemak dari usus berasal dari makanan dan mengirim trigliserid ke sel-sel tubuh. Hati mengubah karbohidrat menjadi asam lemak, kemudian membentuk trigliserida, trigliserida ini dibawa proses pembentukan lemak aliran darah dalam bentuk Very Low Density Lipoprotein VLDL.

Gliserol dan asam lemak akan diangkut oleh pembuluh darah menuju ke seluruh tubuh. Kedua jenis lemak tersebut dapat dikurangi dengan cara yang berbeda.

Reaksi ini dikatalis oleh enzim glikogen sintase. Lemak akan dibawa terlebih dahulu ke dalam hati oleh pembuluh darah vena porta hepatica bersama dengan nutrisi makanan lainnya. Pada tahapan ini, asam piruvat 3 atom C hasil glikolisis dari sitosol diubah menjadi asetil koenzim A 2 atom C di dalam mitokondria.

Asetil koenzim A hasi dekarboksilasi oksidatif memasuki matriks mitokondria untuk bergabung dengan asam oksaloasetat dalam siklus Krebs, membentuk asam sitrat. Saat lemak diabsorpsi, akan melewati small lymph vesselsyang disebut lacteal, untuk kemundian didisstribusikan ke dalam sistem limpa dan masuk ke dalam sistim sirkulasi Tika, Selain bertindak sebagai energi cadangan, lemak juga sangat dibutuhkan sebagai penyusun struktur bagian tubuh dan juga menjalankan fungsi fisiologis di dalam tubuh.

Terjadi fosforilasi tingkat substrat pada pembentukan GTP guanosin trifosfat dan terbentuk suksinat 4 atom C. Lemak akan diubah menjadi keton untuk dapat masuk ke jalur glikolisis pemecahan glukosa.

Kelebihan lemak akan disimpan di jaringan hipodermis. Kelebihan glukosa pada organisme akan diubah menjadi glikogen pada hewanamilum, sukrosa dan polisakarida yang lain pada tumbuhan Glukosa akan diubah menjadi glukosa nukleotida yakni glukosa-UDP uridin difosfat yang dikatalisis oleh glikogen sintetase untuk pembentukan ikatan a1 menjadi 4, untuk pembentukan ikatan 1 menjadi 6 oleh glikosil 1 menjadi 6 transferase atau amilo 1 menjadi 4 menjadi 1 menjadi 6 transglikosilase Glukosa-UDP juga merupakan substrat bagi sintesis sukrosa sedangkan glukosa-ADP merupakan substrat bagi sintesis amilum Najmiatul, Pada akhirnya, kilomikron yang tersisa yang lemaknya telah diambildibuang dari aliran darah oleh hati.

Demikian seterusnya, asam sitrat membentuk bermacam-macam zat dan akhirnya membentuk asam oksaloasetat lagi Rochimah, Pelarutan solubilisasi hasil lipolisis di dalam garam empedu.

Pada tahap 3, molekul berkarbon 2 dioksidasi dan mengikat Ko-A koenzim A sehingga terbentuk asetil Ko-A. Sementara jika lemak diedarkan ke sel — sel otot maka lemak akan dioksidasi untuk menghasilkan energi melalui reaksi respirasi di dalam mitokondria.

Lemak akan dihidrolisis dalam bentuk teremulsikan oleh senyawa empedu yang disekresikan hati ke dalam usus dua belas jari. Glikolisis memiliki sifat-sifat, antara lain: Hasilnya, kecenderungan untuk mengonsumsi makanan akan mengalami peningkatan Tika, Selain itu, lemak dibutuhkan sebagai penyusun struktur bagian tubuh serta menjalankan fungsi fisiologis di dalam tubuh.

Di mulut, lemak mulai mengalami tahapan pencernaan, terjadi penyesuaian suhu tertentu pada saat lemak dikunyah di mulut. Sementara jika lemak diedarkan ke sel — sel otot maka lemak akan dioksidasi untuk menghasilkan energi melalui reaksi respirasi di dalam mitokondria.

Hal ini dibuktikan dengan dijumpainya maltosa, sukrosa dan laktosa dalam urine apabila mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak. Laktosa rnisalnya berfungsi membantu penyerapan kalsium.

Karena didalamnya menyangkut organ-organ yang dijadikan tempat mesin untuk membantu menguraikan senyawa-senyawa kompleks karbohidrat, lemak, dan protein seperti lambung, usus halus, hati, dan pancreas. Selanjutnya lemak akan memasuki hati, empedu, dan masuk ke dalam usus kecil.

Glikoneogenesis Proses pembentukan glukosa dari senyawa prekursor karbohidrat pada jaringan hewan hatitumbuhan biji dan mikroorganisme Pada hewan prekursor penting dalam glukoneogenesis: Untuk dapat menembus dinding usus, monogliserida dan asam lemak bebas ini harus berikatan terlebih dahulu dengan garam empedu untuk membentuk micelle.

Hasil energi yang diperoleh melalui perombakan lemak yaitu sebanyak ATP 1gram pemecahan lemak menghasilkan 9,2 kalori. Apabila keadaan ini berlangsung terus menerus, maka keadaan kekurangan enersi dan protein KEP tidak dapat dihindari lagi.

Dalam reaksi biokimia terjadi perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain, misalnya energi kimia dalam bentuk senyawa Adenosin Trifosfat ATP diubah menjadi energi gerak untuk melakukan suatu aktivitas seperti bekerja, berlari, jalan, dan lain-lain Kistinnah, VLDL dapat berpengaruh buruk bagi tubuh, karena mampu menyebabkan aterosklerosis penyumbatan oleh lemak.

Setiap pelepasan gugus fosfatnya menghasilkan energi.

Pengertian dan Bagaimana Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

Akhimya berbagai jenis karbohidrat diubah menjadi glukosa sebelum diikut sertakan dalam proses metabolisme. Dekarboksilasi oksidatif ini terjadi di dalam mitokondria sebelum masuk ke tahapan siklus Krebs. Ketika lemak telah teremulsi, lipase yang dihasilkan oleh pankres akan memecah lemak menjadi gliserol dan asam lemak yang akan diserap ke dalam tubuh melalui dinding usus penyerapan.

Metabolisme karbohidrat Semua jenis karbohidrat diserap dalam bentuk monosakarida, proses penyerapan ini terjadi di usus halus. Tetapi bila pankreas mengalami gangguan fungsi, aktifitas lipase ludah dan lambung akan meningkat. Penyimpanan Lemak dalam Tubuh Lemak yang disimpan dalam tubuh dibedakan menjadi dua jenis yaitu: Kakak Pintar February 17, 1 Comment Pengertian dan Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh — Lemak merupakan senyawa organik yang terkandung dalam makanan dan dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup banyak.Karena derajat adsorpsi minyak atau lemak sebanding dengan banyaknya ikatan rangkap pada bagian asamnya.

baik bebas maupun terikat sebagai ester dalam minyak dan ancientmarinerslooe.com-CH-(CH2)7-C-O-CH2 I I O CH3(CH2)7. mengadisi Halogen pada ikatan rangkapnya. Lemak akan dikatabolik menjadi tryglyserol yang dapat menjadi VLDL (very low density lipoproteins = lemak jahat) atau LDL (low densisty lipoproteins) berdasarkan pada jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh.

VLDL dapat berpengaruh buruk bagi tubuh, karena mampu menyebabkan aterosklerosis (penyumbatan oleh lemak). Lemak, disebut juga lipid, adalah suatu zat yang kaya akan energi, berfungsi sebagai sumber energi yang utama untuk proses metabolisme tubuh.

Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energy (Tika, ). Proses dan Mekanisme Biosintesis Asam Lemak, Reaksi, Tahapan, Hasil Akhir - Biosintesis asam lemak dari asetil koenzim A terjadi di hampir semua bagian tubuh hewan, terutama dalam jaringan hati, jaringan lemak dan kelenjar susu.

Metabolisme lemak merupakan serangkaian reaksi kimia mencakup reaksi pembentukan dan reaksi penguraian lemak di dalam tubuh.

Pengertian dan Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

Kita mendapatkan lemak dari tumbuhan dan juga hewan. Metabolisme lemak berlangsung pertama kali pada sistem pencernaan.

Enzim – enzim pencernaan akan memecah lemak dan kemudian lemak akan diserap oleh tubuh dan kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. · Program menurunkan badan dengan cara detoksifikasi yaitu pengeluaran racum dari dalam tubuh.

Program smartdetox dapat dilakukan dalam waktu 10 hari atau 20 hari dengan program Author: Cara mengurangi lemak di badan.

Proses pembentukan lemak
Rated 3/5 based on 4 review